Umum

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW yang digelar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ngraho, Bojonegoro, Jawa Timur, berjalan dengan hikmad, Sabtu (10/12/2016). Dalam kegiatan Perayaan Hari Besar Islam (PHBI) MAN Ngraho itu, dihadiri oleh Forfimka (Forum Pimpinan Kecamatan), Komite Sekolah, orang tua wali murid dengan menghadirkan mubaligh KH Shohib So’im dari Sumbertlaseh, Dander, Bojonegoro.

Kegiatan yang diawali dengan seni hadrah MAN Ngraho, lantunan ayat suci Al Qur’an dan do’a, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Diawali dengan sambutan yang disampaikan Kepala sekolah MAN Ngraho Drs Bambang Wiyono.

Dalam sambutanya, Bambang Wiyono menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta para siswa- siswi MAN Ngraho kepada Nabi Muhammad SAW, karena setiap muslim tentu harus memahami sejarah Nabi Muhanmad SAW, mengenal sifat- sifatnya dan perjuangannya sehingga mereka menjadi generasi bangsa yang memiliki karakter yang baik dan keagamaan.

man-ngraho-peringati-maulud-nabi2
Mubaligh KH Shoqib So’im (tengah) bersama Camat Ngraho Karjono (kiri) dan Kepala Sekolah MAN Ngraho Bambang Wiyono (kanan) dan para undangan, dalam acara Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di MAN Ngraho, Sabtu (10/12/2016).

“Kami berharap, kegiatan Maulud Nabi Muhammad SAW yang kami laksanakan ini, diharapkan bisa meningkatkan keimanan siswa, sebab dari uraian hikmah peringatan Maulid Nabi akan menambah pengetahuan serta pemahaman tentang agama Islam dan juga peringatan Maulid Nabi dalam menunjang program pendidikan kurikuler di sekolah,” tegasnya.

Camat Ngraho Kardjono dalam sambutanya mengatakan, bahwa anak-anak sekolah di wilayah Kabupaten Bojonegoro harus berterima kasih kepada Bupati Bojonegoro Drs H. Suyoto, M.Si, yang telah memberikan program beasiswa kepada siswa-siswi SLTA termasuk MAN Ngraho dengan Program Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan.

“Anak-anak SLTA memperoleh tingkat SMA beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro yakni untuk klas X memperoleh dana 2 juta, Klas XI dapat 2 juta dan Klas XII memperoleh dana 1 juta. Ini merupakan Program Bupati Bojonegoro Bapak H.Suyoto. Dimana, ini merupakan komitmennya terhadap suksesnya program pendidikan 12 tahun bagi anak-anak di wilayah Kabupaten Bojonegoro,” tegasnya.

Menyinggung tentang kegiatan Peringatan Maulud nabi, pihaknya mengatakan bahwa kegiatan PHBI yang dilaksanakan di sekolah merupakan bukti bahwa pendidikan agam Islam berjalan dengan baik dan berharap syafa’at dari Nabi Muhammad sebagi ummatnya yang nantinya akan bersama-sama dengan nabi akhir zaman itu untuk masuk ke surganya Allah SWT.

Puncak acara Maulud Nabi Muhammad SAW ditandai dengan ceramah agama Islam yang disampaikan oleh KH. Shohib So’im. Dalam ceramahnya, KH Shoqib So’im menyampaikan pencerahan tentang kehidupan manusia dan agar hidup kita selamat dunia hingga akhirat.

“Kita harus mencotoh Nabi Muhammad SAW, baik sikap dan perilaku seorang Nabi akhir zaman yang menjadi panutan kita sebagai ummat Islam. Nabi Muhammad SAW merupakan sosok dan suri tauladan yang terbaik bagi manusia dengan mencotohkan hidup Rosulullah. Dengan begitu, kita akan mendapat ridho Allah SWT untuk menuju surganya Allah SWT,” ungkapnya.

Masih menurut Kiai asal Sumbertlash, Dander itu menambahkan, sebagai ummat Islam kita wajib meniru sikap dan perilaku Rosulloh Muhammad SAW, termasuk bagaimana seorang pemimpin juga harus meniru bagaimana Nabi Muhammad dalam memimpin ummat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button